Mudeng ra Mudeng

Istilah

Posted in Tak Berkategori by nDuk on 4 Maret 2012

……Istilah adalah kata atau gabungan kata yang dengan cermat meng-ungkapkan makna konsep, proses, keadaan, atau sifat yang khas dalam bidang tertentu. Gak usah sinis gitu ngeliatnya, iya, ini saya dapet saltem dari KBBI online. Ada beberapa istilah yang menggunakan nama hewan, agaknya sih. Berikut beberapa istilah yang menggunakan nama hewan yang saya tau, yang pak lurah pun tau, agaknya sih. Dan untuk maknanya mohon dicari sendiri, ingat pesan bapak yang satu itu jadilah pribadi yang mandiri, woceh genk?. Sebagai bonus, saya beri beberapa contoh kalimat gak nggenah dari pemakaian istilah tersebut, berbahagialah…

.

1. Kambing hitam

Contoh : Tak ku sangka, tega kau kambing hitamkan aku yang sesungguhnya adalah seekor badak bercula ini.

2. Akal bulus

Contoh : Mengaku sajalah, karena akal bulusmu memang sudah terendus semenjak kau masih dalam kandungan.

3. Kumpul kebo

Contoh : Untuk mengisi waktu luangnya kebo-kebo itu mengadakan kumpul kebo. ❓

 4. Keong racun

Contoh : Dasar kau, keong racun!

5. Lintah darat

Contoh : Dasar kau, lintah darat!

6. Ayam kampus

Contoh : Dasar kau, ayam kampus!

7. Buaya darat

Contoh : Dasar kau, buaya darat !

8. Macan ompong

Contoh : Dasar kau, macan ompong!

9. Kuda binal

Contoh : Dasar kau, kuda binal!

10. Muka badak

Contoh : Dasar kau, muka badak!

11. Bajing loncat

Contoh : Dasar kau, bajing loncat!

12. Kupu-kupu malam

Contoh : Dasar kau, kupu-kupu malam!

13. Kadal buntung

Untuk istilah ini ada yang pengen ngasih contoh? Ada? Ayolah, jangan malu-malu merpati, jinak-jinak kucing begitu, ada? Baiklah kalau gak ada yang mau ngasih contoh, saya beri contoh untuk istilah yang ini : Dasar kau, kadal buntung!. Payah ah, masa ngasih contoh segitu doank gak ada yang bisa sih?.

.

……Tau istilah yang lain? gak, gak perlu dibeberin di sini, cukup simpan baik-baik dalam hati lalu camkan jika kurang kerjaan. Eh ya, kalau dihitung-hitung “daki onta” masuk istilah gak ya? Tapi kayaknya enggak deh, soalnya aneh aja kalau dipake ke dalam kalimat, mosok jadinya “Dasar kau, daki onta!” padahal kan dirimu ketombe kingkong. *hualah!

……Udah ah, sekian apdetan yang gak jelas maunya ini, berbahagialah…

Iklan

10 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. nok said, on 4 Maret 2012 at 20:36

    dasar kamvret!
    *kamvret istilah apaan ya beib? ❓
    ***
    ah, itukan istilah bisa-bisaan ente dowank 😛
    dasar ente, sontoloyo!

  2. marsudiyanto said, on 4 Maret 2012 at 21:17

    melu belajar wae, ora meh nambah marakke NaknDuk tambah kosakata.
    Kuwi wis cukup
    ***
    he’em, cukup mengenaskan yo, Pak 😦
    Silahken, Pak, nak arep ditambahi, nDuk tampunge

  3. Ngai said, on 4 Maret 2012 at 22:00

    selagi ada kesempatan Ngai komen dulu sebelum bo²..
    ***
    :cekik: 👿
    mwaah… jangan lupa mimpiin nDuknya ya, Ngai, tak usah sungkan2 :-*

  4. Ngai said, on 4 Maret 2012 at 22:06

    buat kasih contoh istilah² yang lain,
    Ngai kasih kesempatan sama bieNok,
    mbahKung Kendal dan uncle Joe saja
    mereka tentu lebih berpengalaman..

    #Ngai anak baru di sini
    #kuatir dikira sok pintar klo kasih² contoh
    ***
    Jiah, katanya mau bobo malah panjang lebar!
    Kalau mau kasih contoh ya kasih contoh aja, Ngai
    Anak baru, anak lama,semua sama di sini, gak bakal naik kelas, okey cuy?
    Gih sono, semedi dulu barang sedetik dua detik buat nyari contoh, sono gih

  5. yuniarinukti said, on 4 Maret 2012 at 23:38

    Hahaha.. gak bisa komen, hanya bisa ngakak apalagi baca yang ketombe kingkong..
    ***
    Gpp gak bisa komen, Kak, yang penting bisa diajak kongkalikong (gaknyambung)
    cuman ada dua pilihan, kalau Kakak bukan ketombe kingkong brarti daki onta donk 😀

  6. Putri Rizkia said, on 5 Maret 2012 at 09:23

    emang kingkong bisa ketombean ya dek
    ***
    Kira-kira, K? bisa gak? bisain ajalah lah ya, ya, ya, bisa dunk, ya..

  7. Pejwan | Mudeng ra Mudeng said, on 13 April 2013 at 21:19

    […] saya ini, ternyata satu dari sekian ratus juta ribu tulisan gak bejus saya yakni yang berjudul “istilah” menjadi tulisan yang paling banyak dilihat, ya walau dengan pencarian yang tidak begitu […]

  8. Frances Chupik said, on 19 Juli 2016 at 02:18

    I like this website so much, saved to my bookmarks. “American soldiers must be turned into lambs and eating them is tolerated.” by Muammar Qaddafi.

  9. Antonio Leveston said, on 13 Agustus 2016 at 22:25

    I gotta favorite this internet site it seems extremely helpful very helpful

  10. Branda Widmann said, on 4 Oktober 2017 at 12:45

    I do like the way you have framed this particular difficulty plus it does indeed present me personally some fodder for consideration. On the other hand, from what I have experienced, I simply hope when other comments pile on that people today keep on point and in no way get started on a soap box regarding the news of the day. Anyway, thank you for this exceptional point and even though I do not really concur with it in totality, I respect the standpoint.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: